Beberapa media baru-baru ini membeberkan data bahwa jumlah kredit bermasalah akibat penggunaan kartu kredit mencapai Rp 1,01 triliun. Mungkin di antara kita juga ada yang mengalami masalah dengan tagihan kartu kredit. Dengan bunga rata-rata di atas 3% sesungguhnya kartu kredit bukan hanya menawarkan kemudahan dalam berbelanja, namun juga bisa menjerat kita bila tidak hati-hati dalam menggunakannya.

Selama ini mungkin kita telah terjebak dengan hutang kartu kredit yang semakin menumpuk sehingga bahkan untuk membayar pembayaran minimum saja kita sudah kerepotan. Dibutuhkan rencana keuangan yang baik selain mendisiplinkan penggunaan kartu kredit.

Cara terbaik menggunakan kartu kredit
Banyak pengguna kartu kredit memilih untuk membayar penuh kartu kredit sebelum tanggal pencetakan tagihan kartu kredit setiap bulan. Mereka adalah tipe pelanggan yang cerdik dan hanya menggunakan kartu kredit sebagai cara yang nyaman untuk mengendalikan pengeluaran dan berbelanja tanpa menggunakan uang tunai atau cek. Mereka memanfaatkan jeda waktu bebas bunga yakni antara tanggal belanja dengan waktu sebelum tagihan kartu kredit dicetak. Pada saat jeda waktu tersebut maka bunga kartu kredit belum dihitung dan bila kita membayar lunas sebelum tagihan kartu kredit dicetak maka kita tidak dikenakan bunga sama sekali.

Pelanggan dengan perilaku seperti ini mengambil manfaat yang sangat tinggi dari kartu kredit. Ia juga dapat menikmati discount hasil membelanjakan kartu serta mendapatkan poin untuk kemungkinan mendapat hadiah. Namun saat ini beberapa kartu kredit telah mengenakan bunga sejak tanggal transaksi. Maka telitilah dan tanyakan kepada customer service kartu kredit tersebut bagaimana mereka mengenakan bunga. Pilihlah kartu kredit yang mempunyai jeda waktu bebas bunga.

Mengatasi tagihan kartu kredit yang membengkak

Sebelum kita benar-benar terjebak dalam utang kartu kredit yang “abadi” maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan yakni:

1. Manfaatkan program transfer balance berbunga rendah dari beberapa bank penyelenggara kartu kredit. Saat ini beberapa bank menawarkan untuk melunasi tagihan kartu kredit kita dengan cara memindahkan saldo tagihan kartu kredit kita kepada kartu kredit terbitan bank atau lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas tersebut. Yang menarik, program transfer balance tersebut menawarkan bunga yang jauh lebih rendah bahkan bebas bunga selama periode tertentu. Program transfer balance banyak ditawarkan dengan jangka waktu tertentu misalkan 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Jadi sesuaikan kemampuan keuangan kita dan pilihlah yang paling cocok dengan jangka waktu tersebut. Apabila ini dilakukan, maka beban keuangan kita akan menurun, bahkan mungkin kita dapat memiliki napas lebih besar untuk segera dapat melunasi seluruh tagihan.

2. Manfaatkan tawaran pinjaman pribadi tanpa agunan (multiguna) dari beberapa bank. Saat ini beberapa bank juga menawarkan pinjaman pribadi tanpa agunan dengan cicilan tetap per bulan. Cobalah analisis kemampuan bayar kita per bulan. Ambillah cicilan per bulan yang dapat ditanggung kita. Lunasilah seluruh tagihan kartu kredit kita dengan pinjaman tersebut. Bila ini dilakukan niscaya akan terasa bahwa secara pengeluaran per bulan akan lebih meringankan beban keuangan kita.

Kedua cara diatas dapat menjadi alternatif yang cukup baik untuk menyelesaikan kewajiban kita melunasi kartu kredit. Namun biasanya para analis kartu kredit program transfer balance dan pinjaman tanpa agunan akan melihat track record pembayaran kartu kredit kita dan pembayaran kredit lainnya di bank lain jika ada. Jika analis tersebut melihat sejarah kartu kredit kita cukup baik, dalam arti minimal selalu membayar jumlah minimum pembayaran secara tepat waktu maka biasanya mereka akan mengabulkan permohonan kita.

Mengingat bunga kartu kredit yang cukup mahal maka sikap terbaik kita terhadap kartu kredit adalah memandang kartu kredit sebagai sarana untuk memudahkan dan keamanan dalam melakukan transaksi pembelian atau pembayaran. Bukan sebagai sarana kemudahan untuk berutang. Sudah banyak contoh pemegang kartu kredit yang terjebak dalam “lingkaran setan” utang karena memandang kartu kredit sebagai kemudahan untuk berutang.

Padahal pada dasarnya kartu kredit merupakan sarana pengganti transaksi uang tunai yang aman dan mudah. Demikian semoga bermanfaat!**


Bisnis di Internet

About these ads

  1. yanti

    Ada hal… yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan kartu kredit ini… kalau tidak keberatan tolong ya… buka “Kartu Kredit” di maini.wordpress.com. Terima kasih… sudah boleh mampir

  2. Pusing dengan Kartu Kredit Anda?
    Kami solusi tepat bagi masalah anda.
    -Stop Bunga
    -Diskon
    -Bayar Sesuai Kemampuan.
    -Proses Hukum dan Legal.
    Hub :
    Wavi (021 33519384)
    Anton (021 98571897)
    Andika (021 98357365)

  3. nofri

    Sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit. Hiduplah apa adanya. Dan kalau keadaan harus membuat anda berhutang, lebih baik berhutang dengan saudara atau teman2 karib tetapi tentu juga harus dibayar sesuai dengan janji anda. Berhati-hatilah rekan2…Tirulah M. Hatta, salah satu proklamator kita, yang untuk membeli sepasang sepatu pun beliau harus menabung dulu, sayang, sepatu belum kebeli, Allah sudah memanggil beliau…tapi, beliau memberi teladan pada kita semua…Be real and in a good track.

    Sekian dan terimakasyen

  4. kisah pak satpam
    peace :)

  5. plato

    kartu kredit mengajari orang untuk berboros borosan.
    Orang yang punya kartu kredit adalah orang yang telah kena bodohi oleh pihak bank.
    semoga kita sadar !

    • dhamin

      yo jangan bilang gitu dong , tergantung bagaimana kita menyikapinya kartu kridit tsbt, karna banyak orang yg sukses dgn kartu kridit, banyak jg yg hancur dgn kartu kridit,

  6. Stres menghadapi kolektor?
    Tagihan anda membengkak?
    Ingin bayar sesuai dengan kemampuan anda?
    Rubah hidup anda sekarang juga!
    Hubungi kami ( LEGAL )!!
    Debt Solution Center :
    Vriska ( 021 ) 96601661
    Tita ( 021 ) 36483456
    Ridwan ( 021 ) 95441212
    Ranti ( 021 ) 99893061

  7. kartu kredit sekarang emang makin mudah bikinnya, beberapa waktu lalu saya melihat ada penawaran kartu kredit bunga murah dari bank BRI, bunga 2,2% di klikmenurutsaya.blogspot.com

  8. Kartu Kredit Lunas

    Bila anda mengalami masalah dg hutang kartu kredit dimana tagihan terus membengkak dan sdh mendekati limit maka yang hrs segera anda lakukan adalah :
    1. Jangan menambah hutang baru
    2. Tekan pengeluaran sekecil mungkin
    3. Gunakan semua tabungan dan deposito utk melunasi hutang
    4. Jual semua barang berharga yg tdk perlu
    5. Cari pinjaman lunak (tanpa bunga)
    6. Hitung sisa hutang kartu kredit anda
    7. Hitung kemampuan anda utk mencicil hutang per bulan
    8. Ambil KTA sebanyak sisa hutang kartu kredit anda.

    Apabila ternyata bank tdk bisa memberikan pinjaman KTA sebanyak sisa hutang anda, atau
    Apabila cicilan KTA ternyata masih lebih besar drpd kemampuan anda mencicil,
    maka lebih baik jangan ambil pinjaman KTA tsb.
    Bila hal ini yg terjadi maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan “memindahkan sisa tagihan Kartu Kredit” anda kpd kami dan dapatkan bunga yg rendah dan cicilan yg lebih ringan daripada KTA.
    Hub kami melalui email kartu_kredit_lunas at yahoo dot co dot id

  1. 1 BIJAK MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA « Studio#1

    […] saat harus membayar tagihan, apalagi kalau jumlah itu diluar batas kemampuan kita. Batasilah penggunaan kartu kredit kita setiap bulannya. Dengan demikian keuangan keluarga tidak menjadi berantakan gara-gara kartu […]




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Recent News

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: